Welcome to the new Schneider Electric Community

It's your place to connect with experts and peers, get continuous support, and share knowledge.

  • Explore the new navigation for even easier access to your community.
  • Bookmark and use our new, easy-to-remember address (community.se.com).
  • Get ready for more content and an improved experience.

Contact SchneiderCommunity.Support@se.com if you have any questions.

Close
Invite a Co-worker
Send a co-worker an invite to the Exchange portal.Just enter their email address and we’ll connect them to register. After joining, they will belong to the same company.
Send Invite Cancel
84400members
353590posts

Design UPS untuk OT Panel

Expert on Demand for Healthcare

Yulianti
Crewman
Crewman
0 Likes
1
281

Design UPS untuk OT Panel

Dear @FerryKurniawan @HelvinHermanT ,

 

Untuk menentukan type design UPS sebagai back up power pada OT Panel, baiknya design UPS didesign dengan centralized atau masing2 disetiap OT Panel ?

 

Terima kasih

 

@Widiyatmoko ; @reinierliman 

Tags (1)
1 Reply 1
FerryKurniawan
Ensign Ensign
Ensign

Re: Design UPS untuk OT Panel

Kedua desain UPS: centralized / terpusat maupun decentralized / dedicated di masing2 ruang operasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing2.

 

Untuk sistem UPS berbasis centralized memiliki kapasitas back-up time yang lebih besar dari yang tertulis di kertas jika tidak semua ruang operasi digunakan secara bersamaan (berdasarkan informasi dari para dokter bedah, jarang sekali semua ruang operasi dipakai bersamaan setiap waktu). Misal UPS centralized berkapasitas 200 kVA dengan back-up time 15 menit yang mencakup 4 ruang operasi, akan memiliki back up time yang lebih lama dari 15 menit jika hanya 1-2 ruangan yang dipakai pada saat itu. Yang perlu diperhatikan adalah desain sistem yang harus dibuat redundant ie. N+1 agar resiko saat sistem centralized UPS ini gagal berfungsi dapat dihindari / diminimalisasi.

 

Untuk sistem UPS berbasis dedicated / decentralized tentunya tidak memiliki resiko sebesar centralized UPS saat ada kejadian gagal fungsi. UPS yang bermasalah akan terlokalisir dan tidak akan berdampak terhadap sistem UPS di ruangan operasi yang lain.

 

Jadi sebagai kesimpulan, mungkin saya dapat menyarankan untuk rumah sakit dapat menggunakan UPS terpusat untuk melindungi beban kritis seperti penerangan darurat, terutama karena lebih mudah untuk menghubungkan semua sirkuit penerangan ke UPS yang sama. Namun untuk setiap ruang bedah atau MRI agar masing-masing memiliki dedicated UPS karena area ini sangat penting, Anda tidak ingin mengambil risiko semuanya tanpa daya jika terjadi kegagalan UPS terpusat.

Tags (1)